Mempertahankan layanan pariwisata berupa pemeliharaan fasilitas merupakan faktor yang sering diabaikan dalam mengembangkan destinasi pariwisata. Pihak pengelola lebih fokus pada pengembangan untuk mendatangkan dan menarik minat pengunjung. Hal tersebut disebabkan karena faktor pemeliharaan fasilitas cenderung akan mengeluarkan biaya daripada memperoleh keuntungan jika dibandingkan dengan upaya pengembangan fasilitas. Pengabdian ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya Upaya pemeliharaan dan pengembangan fasilitas wisata bagi kenyamanan pengunjung Pantai Seraya Balikpapan. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi observasional berupa ceramah dan diskusi. Melalui sosialisasi yang efektif, warga dapat memahami manfaat dan dampak positif yang dapat dihasilkan oleh pembangunan, pemeliharaan dan pengembangan fasilitas penunjang di objek wisata. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman warga sebesar 40.6% setelah diberikan materi sosialisasi . Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengubah perilaku warga terhadap fasilitas wisata sehingga dapat mengetahui, memahami dan mengimplementasikan pemeliharaan serta pengembangan fasilitas untuk menjaga kelestarian sarana prasarana objek wisata Pantai Seraya.