
Di era pembelajaran yang semakin terdigitalisasi, penggunaan teknologi menjadi fokus utama untuk meningkatkan interaktivitas dan akses informasi. Namun demikian, aspek ergonomi dalam pengaturan ruang kelas dan peralatan sering terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait cara mengatasi ketidak-ergonomisan di ruang kelas SMA Negeri X Balikpapan, yang mana sering mengakibatkan masalah kesehatan fisik seperti nyeri punggung dan nyeri leher. Solusi yang diusulkan adalah implementasi program pendidikan ergonomi kepada siswa dan staf pengajar untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang posisi duduk ergonomis dan penggunaan peralatan sesuai dengan kebutuhan fisik siswa. Hal ini diharapkan dapat mengurangi risiko masalah kesehatan jangka panjang serta meningkatkan kenyamanan dan konsentrasi selama proses belajar mengajar. Metode penelitian mencakup penyuluhan kepada siswa dan staf pengajar tentang ergonomi, evaluasi pemahaman dengan wawancara sebelum dan sesudah sosialisasi, serta pre-test dan post-test menggunakan kuesioner untuk mengukur efektivitas program penyuluhan. Hasil menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan mengenai konsep-konsep dasar ergonomi. Hal ini terlihat dari persentase jawaban benar yang lebih tinggi yaitu 71.4% dibandingkan jawaban salah yaitu 28.6% pada post-test-nya
Kata Kunci: Ergonomis, Posisi duduk, Kenyamanan